Menindaklanjuti kebijakan pemerintah pusat perihal pencegahan penyebaran corona atau COVID-19 di seluruh daerah di Indonesia. Poltekes Kemenkes Gorontalo melaksanakan program Tridharma Perguruan Tinggi. Salah satunya melalui pengabdian kepada masyarakat oleh dosen jurusan kebidanan, Sabtu (07/11/2020). Adanya masyarakat di wilayah kota yang terdiagnosa tertular virus corona, maka dalam pencegahan penularan virus corona, Puskesmas Kota Utara menjadi pilihan untuk pengabdian kepada masyarakat karena berlokasi dipusat Kota. Selain itu merupakan pusat transmisi antar Kota Kabupaten.

Adapun yang menjadi sasaran pengabdian kepada masyarakat tentang Pencegahan infeksi virus corona (covid 19) yakni ibu hamil, ibu nifas, bayi baru lahir dan kader yang mendukung pelayanan kesehatan maternal di wilayah Puskesmas Kota Utara Kota Gorontalo. Tujuan khusus pengabdian kepada masyarakat ini yakni memberikan Alat Proteksi Diri (APD) standar bagi bidan dalam pelayanan maternal. Memberikan  vitamin, masker  medis dan hand sanitizer bagi ibu hamil dan ibu nifas. Memberikan sosialisasi kepada ibu hamil dan ibu nifas tentang tentang Covid 19 melalui leaflet Membentuk kelompok pendampingan kegiatan secara online. Mengukur pengetahuan dan kesiapsiagaan ibu hamil dan ibu nifas dalam pelayanan maternal (pre dan post kegiatan). Mengukur pengetahuan dan kesiapsiagaan bidan dalam mendukung pelayanan maternal (pre dan post kegiatan).

Sementara manfaat dari pengabdian masyarakat tersebut adalah, untuk peningkatan pengetahuan dan mempraktekkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk pencegahan penularan covid 19. Bidan Membantu dalam mendukung pelaksanaan pelayanan maternal pelaksana pelayanan maternal agar menyelenggarakan pelayanan maternal  dengan alat proteksi diri (APD) terstandar di Puskesmas Kota Utara. Membantu kegiatan Puskesmas dalam hal mendukung Kebijakan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus covid 19 di Provinsi Gorontalo. Poltekkes Kemenkes Gorontalo Penyelanggaran kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi dalam bidang pengabdian kepada masyarakat serta keterlibatan civitas akademika dalam  mendukung Kebijakan pemerintah untuk memutus Penyebaran virus covid19 di Provinsi Gorontalo. Tingkat Capaian Kegiatan untuk melihat tingkat pengetahuan Bidan, Ibu Hamil dan Ibu Nifas sebelum kegiatan dilakukan. Pembuatan buku pedoman pedoman penyelenggaraan Pelayanan Kebidanan dan Pencegahan Infeksi pada masa pandemic COVID-19 dan New Normal.

Jumlah Bidan Puskesmas Kota Utara yang diberikan sosialisasi dan alat pelindung diri yaitu sejumlah 10  bidan bertempat di puskesmas tersebut dan 7 ibu hamil yang  tersebar di kelurahan Dulomo Selatan. Kegiatan dilakukan penyerahan tahap pertama (I) paket vitamin, masker medis dan handsanitizier diberikan kepada ibu hamil dan ibu nifas di wilayah kerja puskesmas Kota Utara yaitu Kelurahan Dulomo Selatan. Kegiatan penyerahan tahap pertama (I)  paket alat pelindung diri terstandar dan buku pedoman penyelengaraan pelayanan  kebidanan diberikan kepada bidan dan  kader di wilayah kerja puskesmas Kota Utara yaitu Kelurahan Dulomo Selatan. Melakukan Monitoring dan evaluasi di Puskesmas Kota Utara sehubungan pemanfaatan APD terbentuknya kelompok pendampingan kegiatan secara online. Kegiatan penyerahan tahap pertama (II)  paket alat pelindung diri terstandar diberikan kepada bidan dan  kader di wilayah kerja puskesmas Kota Utara yaitu Kelurahan Dulomo Selatan. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan menggunakan metode sesuai dengan yang direncakan meliputi tahap persiapan (berkoordinasi dengan pemerintah kelurahan dan puskesmas Kota Utara) dan tahap pelaksanaan kegiatan. Ketepatan dan pengolahan waktu (sesuai jadwal). Kegiatan dilaksanakan tanggal 17 Juli 2020 dan pemantauan tetap dilanjutkan sampai tanggal 30 September 2020 dan dilanjutkan evaluasi  tanggal 17 Oktober tahun 2020. Untuk menjaga kepatuhan pada protokol kesehatan maka waktu yang digunakan di setiap tahapan diminimalisir sedemikina rupa untuk membatasi kerumunan dan lama kontak antar perserta maupun pelaksana.

(Sumber : ubahlaku.id)

Bagikan dengan :