Visi merupakan cita-cita dan tujuan yang hendak dicapai oleh suatu organisasi dalam penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi, sehingga pimpinan beserta seluruh civitas akademika memiliki acuan untuk mewujudkan sebuah institusi pendidikan terbaik penghasil sumber daya manusia kesehatan yang inovatif dibidang akademik baik tenaga pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan dalam menjalankan profesi dan tugas-tugas pengabdiannya untuk menghasilkan tenaga kesehatan vokasional yang profesional dan bermartabat di bidang kesehatan yang terampil, beretos kerja baik, jujur, bermoral tinggi dan memiliki daya saing tinggi.

Makna lain yang terkandung dalam pengertian Visi tersebut adalah upaya pimpinan beserta civitas akademika untuk memfasilitasi seluruh kegiatan tridarma perguruan tinggi menuju terwujudnya lulusan (output) yang berkualitas dengan menampilkan karakter serta etika yang menjunjung tinggi etika profesi dalam pengabdian dirinya ditengah-tengah masyarakat. Visi Jangka panjang 2045 Politeknik Kesehatan Kemenkes Gorontalo adalah

Menjadi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Terdepan dalam Menghasilkan Lulusan Yang Kompetitif dan Berkarakter Tahun 2045.

Sebagaimana tertuang dalam dokumen Rencana Induk Pengembangan (RIP) Politeknik Kesehatan Kemenkes Gorontalo. Kata kunci yang terkandung dalam visi tersebut di atas dijelaskan sebagai berikut :

a. Menjadi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Terdepan, mengandung makna bahwa Politeknik Kesehatan Kemenkes Gorontalo menjadi yang terdepan dalam menyelenggarakan pendidikan vokasional dimulai dari tingkat diploma sampai dengan magister sains didukung oleh sumber daya manusia profesional sesuai perkembangan zaman, riset kesehatan, riset model pelayanan kesehatan, dan pengabdian berbasis riset dan sumber daya sarana dan prasarana yang memadai, sehingga menjamin kelancaran proses belajar mengajar yang pada akhirnya menghasilkan output/lulusan yang kompetitif dan berkarakter.

b. Menghasilkan lulusan yang kompetitif, mengandung makna bahwa semua lulusan Politeknik Kesehatan Kemenkes Gorontalo mampu memberikan manfaat bagi penyelesaian masalah kesehatan di masyarakat dan mampu bersaing di era global yang penuh kompetitif.

c. Menghasilkan lulusan yang berkarakter, mengandung makna bahwa semua lulusan Politeknik Kesehatan Kemenkes Gorontalo adalah tenaga terampil; memiliki moral yang baik berupa; akhlak, tabiat, budi pekerti, watak, kejujuran, amanah, dan ikhlas mengabdikan keahliannya untuk kemaslahatan masyarakat sehat, mampu bekerja sama dengan orang lain, memiliki semangat dan etos kerja yang tinggi dan mencintai profesinya.

Untuk mewujudkan visi strategis di atas, telah dirumuskan misi Politeknik Kesehatan Kemenkes Gorontalo 2020-2024 sebagai berikut:

Misi

  1. Menyelenggarakan Pendidikan dan pembelajaran yang professional.
  2. Menyelenggarakan Penelitian kesehatan sesuai pedoman riset Kemenkes dan pengembangan keilmuan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat bidang kesehatan berbasis pelayanan dan pembinaan wilayah, serta implementasi hasil-hasil riset.
  4. Mengembangkan kemitraan di dalam negeri dan luar negeri yang menunjang pelaksanaan kegiatan tridarma.
  5. Menerapkan Sistem tata pamong yang baik (good governance), pengembangan kelembagaan dan penerapan sistem penjaminan mutu yang berkelanjutan.
Bagikan dengan :