Visi merupakan cita-cita dan tujuan yang hendak dicapai oleh suatu organisasi dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi, sehingga pimpinan beserta seluruh civitas akademika memiliki acuan untuk mewujudkan sebuah Perguruan Tinggi yang Inovatif dibidang akademik baik tenaga pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan dalam menjalankan profesi dan tugas-tugas pengabdiannya untuk menghasilkan tenaga vokasional di bidang kesehatan yang terampil, beretos kerja baik, jujur, bermoral tinggi dan memiliki daya saing tinggi.

Makna lain yang terkandung dalam pengertian Visi tersebut adanya upaya pimpinan beserta civitas akademika untuk memfasilitasi seluruh aktivitas proses pembelajaran menuju terwujudnya output yang berkualitas dan menampilkan karakter dan etika dengan menjunjung tinggi martabat profesi dalam pengabdian dirinya ditengah-tengah masyarakat.

Visi Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Gorontalo dalam Rencana Strategi periode 2016-2020 adalah

Menjadi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Terdepan dalam Menghasilkan Lulusan Yang Kompetitif dan Berkarakter Tahun 2020.

Visi tersebut telah disesuaikan dengan pemetaan dan rekapitulasi hasil analisis SWOT, dimana posisi Politeknik Kesehatan Kemenkes Gorontalo berada pada Kuadran I, yang berarti bahwa Poltekkes Gorontalo memiliki Kekuatan dan Peluang sehingga kinerja/performennya dapat dikembangkan dan ditingkatkan pada periode 2016-2020.

Agar Visi ini dapat dipahami oleh seluruh jajaran Politeknik Kesehatan Kemenkes Gorontalo, dipandang perlu menjelaskan definisi dari Visi tersebut sebagai berikut :

  1. Menjadi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Terdepan, mengandung makna bahwa Poltekkes Kemenkes Gorontalo menjadi yang Terdepandalam menyelenggarakan Pendidikan Vokasional dimulai dari tingkat Diploma sampai dengan Magister Saint didukung oleh Sumber Daya Manusia profesional dan sumber daya sarana dan prasarana yang memadai sehingga menjamin kelancaran proses belajar mengajar yang pada akhirnya menghasilkan output/lulusan yang kompetitif dan berkarakter.
  2. Menghasilkan lulusan yang kompetitif, mengandung makna bahwa semua lulusan Poltekkes Kemenkes Gorontalo mampu memberikan manfaat bagi penyelesaian masalah kesehatan di masyarakat dan mampu bersaing di era global yang penuh kompetitif.
  3. Menghasilkan lulusan yang berkarakter, mengandung bahwa setiap civitas akademika yang terlibat di dalam penyelenggaraan pendidikan dan semua lulusan berupa tenaga-tenaga terampil memiliki moral yang baik berupa; akhlak, tabiat, budi pekerti, watak, kejujuran, amanah, dan ikhlas mengabdikan keahliannya untuk kemaslahatan masyarakat, mampu bekerja sama dengan orang lain, memiliki semangat dan etos kerja yang tinggi

Misi

  1. Menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi Efektif, Efisien, Relevan Dan Berkelanjutan
  2. Menyelenggarakan Sistem Manajemen Secara Profesional, Transparan, Akuntabel Dan Berkeadilan
  3. Mengembangkan Kemitraan Dengan Stakeholder

Leave a Comment