Cegah Diabetes Militus dan Stunting, Jurusan Gizi Gelar Seminar Nasional

Polkesgo, Gorontalo – Permasalahan kondisi gagal tumbuh dapat terjadi pada anak berusia dibawah lima tahun (balita) akibat kekurangan gizi kronis dan bisa saja karena adanya infeksi yang berulang terutama dalam 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) yaitu dari janin hingga anak berusia 23 bulan.

Kegagalan tumbuh kembang ini dikenal sebagai stunting atau pendek dan dapat ditandai dengan panjang atau tinggi badan anak berada di bawah minus dua standar deviasi (PMK RI Nomor 2 Tahun 2020), juga pada keadaan selanjutnya dapat berakibat pengaruh intelegensi, gangguan anatomi, sistem metabolisme serta tidak lepas pula ketika dewasa cenderung akan lebih mudah menderita penyakit tidak menular atau penyakit degeneratif.

Baca Juga :  Seminar Nasional Gizi : Transformasi Sistem Kesehatan Melalui Inovasi Pemanfaatan Pangan Lokal Sebagai Alternative Pencegahan Stunting Dan Penyakit Tidak Menular

Dalam rangka mencegah terjadinya penyakit tidak menular khususnya Diabetes Melitus serta memperbaiki status gizi anak balita khususnya stunting, maka penting dilaksanakan peningkatan pengetahuan mahasiswa dan masyarakat umum tentang “Transformasi kesehatan dan gizi melalui pemanfaatan pangan lokal dalam upaya pencegahan dan penanganan Diabetes Mellitus dan Stunting”.

Kegiatan ini di buka oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Gorontalo Mohamad Anas Anasiru, SKM., M.Kes sekligus memberikan sambutanya dengan berharap dengan kegiatan ini  peserta mampu melakukan transformasi kesehatan dan gizi melalui pemanfaatan pangan lokal dalam upaya pencegahan dan penanganan Diabetes Melitus Dan Stunting.

Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 8 November 2023 dalam bentuk Seminar Webinar dengan metode Hybrid, dimana peserta dapat mengikuti secara online (zoom meeting & Youtube Jurusan Gizi) dan offline (di Auditorium Poltekkes Kemenkes Gorontalo).

Baca Juga :  Coaching Persiapan PKLT Polkesgo : Pencegahan Stunting dan Penyakit Tidak Menular

Dengan menghadirkan Narasumber sebanyak 3 (tiga) orang yang berkompeten dibidangnya, yaitu :

  • dr. Vivien Novarina A. Kasim, M.Kes ( Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo)
  • Dr. Susetyowati, DCN, M.Kes (Guru Besar Bidang Ilmu Gizi Kesehatan FK-KMK Universitas Gadjah Mada)
  • Nur Hasan Syah, S.Gz, M.Kes ( Anggota Konsil Gizi Indonesia)

Kegiatan ini berjalan dengan lancar yang ditutup dengan dokumentasi kegiatan foto bersama dan pembagian doorprize kepada peserta yang memenangkan undian kupon.

Loading

Bagikan dengan :
Translate »
×

 

Hello!

Klik salah satu kontak dibawah ini untuk mengobrol dengan WhatsApp

× ada yang bisa kami bantu?