Pengabmas Jurkeb : Pemberdayaan Kader Kesehatan dalam pelayanan Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi
Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Nancy Olii, S.SiT, MPH (Ujung Kanan) Memberikan Sambutan di kegiatan Pengabmas yang dilaksanakan di kelurahan Limba B, Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Jumat, (12/11/2021).

Polkesgo, Gorontalo – Tim Dosen Jurusan Kebidanan (Jurkeb) Poltekkes Kemenkes Gorontalo melaksanakan pengabdian masyarakat bertempat di kelurahan Limba B, Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Jumat, (12/11/2021).

Pengabdian masyarakat dengan skema program pengembangan desa mitra (PPDM) berjudul  “Pemberdayaan Kader Kesehatan dalam pelayanan Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K)”.

P4K adalah pemasangan stiker pada setiap rumah yang ada ibu hamil, adanya stiker di depan rumah semua warga di desa tersebut mengetahui dan juga diharapkan dapat membantu, menyelamatkan ibu hamil dan ibu bersalin dengan persiapan taksiran persalinan, tempat persalinan yang sesuai, pendamping saat persalinan, transportasi yang akan digunakan dan calon pendonor darah. peran kader kesehatan di Posyandu memiliki esensi yang tidak dapat dilepaskan dengan pelayanan kesehatan khususnya pelayanan kesehatan Ibu dan Anak. Peran kader disandingkan dengan peran bidan dan tenaga kesehatan lainnya.

Baca Juga : Peringati HKN ke-57, Civitas Akademika Polkesgo Mengikuti Upacara Secara Daring

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan kader dengan memberikan materi dalam bentuk ceramah Tanya jawab tentang pelaksanaan P4K, dilanjutkan dengan melaksanakan monitoring dan evaluasi kegiatan pendampingan kader pada ibu hamil dalam memberikan edukasi dan pengisian stiker P4K. Parameter yang dapat diukur pada pengabdian masyarakat ini adalah data hasil pre test dan post test terhadap pemahaman kader tentang P4K sebelum dan sesudah pemberian informasi tentang P4K oleh tim pengabdian masyarakat.

Pengabdian masyarakat ini di ketuai oleh Nancy Olii, S.SiT, MPH bersama tim pelaksana Juli Gladis Claudia, S.ST, M.Kes, Febri Dwi Yanti, S.T.Keb, M.keb, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi dalam bidang pengabdian kepada masyarakat serta keterlibatan civitas akademika dalam  mendukung kebijakan pemerintah dalam meningkatkan upaya kesehatan ibu dan anak.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan motivasi kader kesehatan tentang P4K dan dalam membantu bidan untuk melaksanakan P4K serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Ibu Hamil tentang manfaat dan proses pelaksanaan P4K.

 369 total views

Bagikan dengan :