Poltekkes Ikut Tingkatkan Kesehatan Masyarakat Bonbol

Poltekkes Ikut Tingkatkan Kesehatan Masyarakat Bonbol

Wakil Direktur I Poltekkes Kemenkes Gorontalo Kartin Buheli, M.Kes Menyerahkan cinderamata kepada Asisten III Setda Pemkab Bone Bolango Drs. Sarifudin Uloli, MPd pada penutupan PKL Poltekkes Kemenkes Gorontalo

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Gorontalo kembali berkontribusi terhadap pembangunan daerah. Khususnya dalam bidang kesehatan. Hal itu ditandai pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Jurusan Keperawatan, Kebidanan dan Gizi, Poltekkes Kemenkes Gorontalo 2017/2018.

Kegiatan PKL berlangsung 5-24 Maret 2018 dan diikuti 313 mahasiswa semester V. Terdiri Jurusan Gizi sebanyak 32 orang, Jurusan Keperawatan sebanyak 148 Orang dan Jurusan Kebidanan sebanyak 133 orang. Para mahasiswa ini di bagi ke  wilayah kerja PKM Suwawa, Tilongkabila dan Toto Utara. Wilayah kerja PKM Suwawa meliputi Desa Bube, Bubeya, Tingkobuhu, Tingkobuhu Timur, Tinelo dan Boludawa.

Baca Juga :  Pelantikan Direktur Poltekkes Kemenkes Gorontalo Periode 2020-2024

Wilayah kerja PKM Tilongkabila Desa Tombo, Bongoime, Mootilango dan Bongohulawa. Sedangkan wilayah kerja PKM Toto Utara meliputi Desa Toto Utara, permata, Bongopini, Iloheluma dan Moutong.

Poltekkes DIrektur Poltekkes Kemenkes Gorontalo Dr. Heni Panai, S.Kep, NS., M.Pd saat membuka pelaksanaan PKL mengatakan, salah satu tujuan dilaksanakan PKL adalah memotivasi masyarakat untuk mengatasi masalah kesehatan secara optimal dan memberdayakan potensi yang ada. Sejalan dengan hal itu maka pelaksanaan PKL kali ini lebihi dititikberatkan mendorong Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). “ada tiga hal penting berkaitan upaya mewujudkan GERMAS. Yakni pelaksanaan imunisasi, pengobatan dan pencegahan TB PAru serta mengurangi stunting (gangguan pertumbuhan yang menyebabkan anak menjadi pendek,red)” ujar Heni Panai.

Staf Ahli Bupati Bone Bonebolango Rusli Katili, m.Kes saat menerima peserta PKL menyambut baik dan mengapresiasi langkah Poltekkes Gorontalo yang telah menjadikan Bonebolango sebagai Lokasi PKL.

Baca Juga :  Cegah Stunting, Tim Dosen Jurusan Kebidanan, Jurusan Gizi dan Mahasiswa POLKESGO Melaksanakan Pengabmas Di Desa Bongoime

Selama PKL berlangsung, para mahasiswa Poltekkes melaksanakan kegiatan fisik dan non fisik meliputi pengobatan masal, penimbangan Balita dan pemberian makanan tambahan,  pemeriksaan Ibu hamil, konsultasi diet seimbang pada kelompok lansia, demonstrasi pembuatan MP-Asi serta penyuluhan kesehatan.

Sementara itu pada penutupan PKL, Wakil Direktur I Poltekkes Kemenkes Gorontalo Karti Buheli, M.Kes menyampaikan apresiasi dukungan Pembkab Bone Bolango, pemerintah kecamatan dan pemerintah desa. Selama PKL, Kepala Puskemas Suwawa, Tilongkabila dan Toto Utara. “Selain itu turut mendampingi pula kepala desa, kader serta dosen pembimbing Poltekkes Kemenkes Gorontalo,” kata Kartin Buheli.

Apresiasi serupa juga disampaikan Asisten III Setda Pemkab Bone Bolango Drs. Sarifudin Uloli, M.Pd. “Kami berharap kegiatan seperti ini bisa kembali dilaksanakan di Bone Bolango dalam rangka mendorong kemajuan pembangunan. Terutama dibidang Kesehatan,” Katanya.

Bagikan dengan :

Leave a Reply

Translate »
×

 

Hello!

Klik salah satu kontak dibawah ini untuk mengobrol dengan WhatsApp

× ada yang bisa kami bantu?