Tamu Racana 2021
KAMABIGUS Mohamad Anas Anasiru, SKM, M.Kes Memberikan Sambutan Sekaligus Membuka Kegiatan Secara Resmi. Jumat (10/09/2021)

Polkesgo, Gorontalo – Dewan Racana Poltekkes Kemenkes Gorontalo melaksanaan Penerimaan Tamu Racana (PTR), Gugus Depan (GUDEP) 03.113-03.114 Pangkalan Poltekkes Kemenkes Gorontalo tahun 2021 yang merupakan program rutin setiap tahunnya. Penerimaan tamu Rancana ini merupakan salah satu wadah pembinaan karakter generasi muda ditingkat Gugus Depan, yang bertugas sebagai pengelola, dan pelaksana kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari Jumat-Sabtu, 10-11 September 2021 di Auditorium Poltekkes Gorontalo.

Kegiatan Penerimaan Tamu Racana ini adalah bentuk perwujudan program kerja Dewan Racana Poltekes Gorontalo yang dilaksanakan setiap tahunnya. Tujuan Kegiatan Penerimaan Tamu Racana ini dilaksanakan dalam rangka orientasi dan pembinaan kepramukaan bagi calon anggota baru Gugus Depan Poltekkes Kemenkes Gorontalo yang dilaksanakan secara dalam jaringan (Daring)  oleh mahasiswa dan luar jaringan (luring) yang di ikuti oleh panitia dan pemateri dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Kegiatan ini mengangkat tema ”Pramuka Poltekkes Kemenkes Gorontalo mewujudkan generasi sehat dalam memasuki kebiasaan baru dengan kedisiplinan dan kepedulian”. Keseluruhan peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 542 Mahasiswa dan yang lulus  sebanyak 344, lulus bersyarat 76 tdk lulus 59 dan masih di tunda 66 sebagai berikut :

  • Prodi DIII Keperawatan : 129 Mahasiswa
  • Prodi DIII Kebidanan : 128 Mahasiswa
  • Prodi DIII Gizi : 64 Mahasiswa
  • Prodi DIII Farmasi : 92 Mahasiswa
  • Prodi DIV Gizi & Dietetika : 58 Mahasiswa
  • Prodi DIV Sanitasi Lingkungan : 71 Mahasiswa

Adapun Jenis Kegiatan yang akan dilaksanakan pada Penerimaan Tamu Racana Gugus Depan 03.113-03.114 Pangkalan Poltekkes Kemenkes Gorontalo, meliputi; Kegiatan Upacara Adat Buka/Tutup Racana, Kegiatan Upacara Pembukaan dan Penutupan,Pemberian Materi, Evaluasi (Penugasan dan Pre & Post Tes) dan Giat Prestasi (Lomba Video Kreatif, Lomba Poster, Lomba Tali Temali, dan Pemilihan Putra Putri Scout)

Direktur poltekkes kemenkes Gorontalo selaku Ketua Majelis Pembimbing Gudep (Kamabigus), Moh Anas Anasiru,S.KM, M.Kes mengatakan bahwa meskipun masih dalam masa pandemi kegiatan-kegiatan kemahasiswaan tetap dijalankan secara daring dan luring, akan tetapi tidak mengurangi makna dari maksud kegiatan tersebut.

Baca Juga : Workshop Manajemen Tutorial Teori Dan Praktik Laboratorium Jurusan Keperawatan Poltekkes Gorontalo

“Kegiatan PTR ini adalah bagian dari rangkaian penyelenggaraan proses pendidikan yang ada di Poltekkes Gorontalo. Jadi jika merupakan bagian dari Poltekkes, maka harus di ikuti. Jika tidak mengikuti maka tahun berikutnya mengulang kembali mengikuti kegiatan PTR ini”. Jelas Mohamad Anas.

Beliau juga berharap semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi semua adik-adik yang telah mengikuti proses kegiatan ini  dan mengucapkan selamat bergabung  di GUDEP 03.113-03.114 Pangkalan Poltekkes Kemenkes Gorontalo. Serta ucapan selemat kepada peserta yang mendapat prestasi pada lomba-lomba kegiatan yang telah di laksanakan. “Mudah mudahan keratifitas yang anda laksnakan akan menjadi pemicu agar kedepan bisa berprestasi lagi”.

Acara ini juga dirangkaikan dengan Pemberian Penghargaan Lencana Pancawarsa dari Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Gorontalo yang diserahkan oleh Ketua Harian Kwarda Kak Susanto Susanto Liputo, SE, bagi Pembina Gugus Depan Poltekes Kemenkes Gorontalo ;

  1. Wenny Ino Ischak, SST, M.Kes (Ketua Gudep Poltekes Gorontalo)
  2. S alman , SKM., M.K e s. (Sekretar is Gudep Poltekes Gorontalo)
  3. Bun Yamin Badjuka, S.Pd, M.Kes (Bendahara Gudep)
  4. Yusrin Aswad, SST, M.Kes (Pembina Putra Poltekes Gorontalo.
Tamu Racana 2021
Peserta Luring Penerimaan Tamu Racana Gugus Depan (GUDEP) 03.113-03.114 Pangkalan Poltekkes Kemenkes Gorontalo. Jumat (10/09/2021)

Selanjutkan dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada peserta yang mendapatkan prestasi dalam kegiatan tersebut, Pertama lomba Video Kreatif  juara 3 Prodi D3 Kebidanan, juara 2 Prodi  D3 Gizi dan juara 1 Prodi D3 Farmasi. Lomba Poster juara 3 team D3 keperawatan Khairunisa Hasan, juara 2 D3 farmamsi Anisa Rahmawati Wibowo, Juara 1 DIV Sanling Wiwit Bakir.

Lomba Tali Temali Juara 3 Team D3 Farmasi, Juara Team D3 Kebidanan, juara 1 Team D3 Gizi. Pemilihan putra putri scout; Putra dari DIV Sanitasi Lingkungan Ahmad Citro Demolingo dan putri D3 keperawatan Pratiwi Hanjati . Dan Terakhir Peserta Putra diperoleh dari DIV Sanitasi Lingkungan Ahmad Citro Demolingo serta Putri dari D3 Kebidanan kebidanan Nur Fitri Mopangga.

 804 total views

Bagikan dengan :