Ada banyak sekali manfaat kerja bakti, baik bagi lingkungan kampus dan kehidupan manusia. Beberapa yang manfaat kerja bakti yang bisa disebutkan adalah sebagai berikut :

  1. Lingkungan menjadi bersih karena selalu terpelihara dan terawat
  2. Sumber penyakit, seperti malaria, demam berdarah bisa dihilangkan dan hal ini mengurangi kemungkinan penyebaran penyakit
  3. Penghematan biaya : bila masing-masing civitas akademika Poltekkes Kemenkes Gorontalo  mau menyumbang sedikit tenaga, maka tidak perlu lagi membayar ongkos petugas untuk membersihkan lingkungan kampus.
  4. Menjadi wadah silaturahmi antar civitas akademika Poltekkes Kemenkes Gorontalo : dengan ikut dalam kegiatan ini, civitas akademika Poltekkes Kemenkes Gorontalo yang satu bisa bertemu dan berbincang satu dengan lainnya. Hal itu akan memperkukuh silaturahmi.
  5. Membuat lingkungan menjadi nyaman dan indah : dengan tidak adanya ilalang, taman tertata dengan baik, maka sebuah lingkungan akan menjadi enak dilihat dan nyaman untuk ditinggali.
  6. Mengajak mahasiswa dalam kegiatan ini memungkinkan mereka saling mengenal satu dengan yang lain dan mengajarkan tentang bagaimana menjaga lingkungan dan alam

Jangan pernah remehkan manfaat kerja bakti. Banyak disepelekan, tetapi mungkin karena mereka tidak menyadari kegunaan kegiatan ini.

Jadi, kalau ada undangan kerja bakti, janganlah mencari alasan untuk menghindarinya. Apalagi kalau Anda ingin menjadi seseorang yang bergaya hidup hijau. Kerja bakti adalah salah satu wujud nyata gaya hidup ramah lingkungan.

Bagikan dengan :
Close Menu