Untuk menata manajemen kepegawaian agar dapat mencapai keberhasilan dalam mewujudkan Reformasi Birokrasi terhadap peningkatan kinerja pada setiap pegawai di organisasi pemerintah tak terkecuali Pegawai yang ada di Poltekkes Kemenkes Gorontalo dibutuhkan keterkaitannya, sebagaimana diamanatkan dalam Misi Ke dua Poltekkes Kemenkes Gorontalo, yakni Menyelenggarakan Sistem Manajemen Secara Profesional, Transparan, Akuntabel Dan Berkeadilan.
Untuk melaksanakan reformasi birokrasi kearah peningkatan sumber daya ASN dalam melaksanakan tugas dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa secara profesional, transparan dan akuntabel untuk mencapai tata kelola pemerintahan yang baik (good goverment) dibututhkan langkah strategis untuk membangun aparatur negara agar dapat berdaya guna dan berhasil guna dalam mengemban tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional dengan mengambil langkah-langkah yang bersifat mendasar, komperhensif dan sistimatik sebagai upaya untuk menyempurnakan dan meningkatkan kinerja.
Untuk mencapai tujuan keberhasilan Refomasi Birokrasi seperti yang diamanatkan oleh misi ke 2 Poltekkes Kemenkes Gorontalo tersebut diatas pada setiap organisasi di pemerintah, salah satunya adalah pelaksanaan reward. Poltekkes Kemenkes Gorontalo terhadap peningkatan kinerja, dengan mewujudkan pelaksanaan reward atau penghargaan yang berdampak pada peningkatan karier pegawai, diberikan atas dasar prestasi pegawai berupa hadiah yang terkait didalam peningkatan kinerja pegawai, dengan tujuan agar dapat menciptakan motivasi pegawai untuk berprestasi memotivasi kepuasan kerja pegawai.