Semnas Sanling : Penerapan dan Pengembangan Standardisasi Terkini Higiene dan Sanitasi Pangan untuk Pencegahan dan Pengendalian Penyakit

Semnas Sanling : Penerapan dan Pengembangan Standardisasi Terkini Higiene dan Sanitasi Pangan untuk Pencegahan dan Pengendalian Penyakit

Polkesgo, Gorontalo – Jurusan sanitasi lingkungan (sanling) poltekkes kemenkes gorontalo gelar seminar Nasional yang mengangkat tema “Penerapan dan Pengembangan Standardisasi Terkini Higiene dan Sanitasi Pangan untuk Pencegahan dan Pengendalian Penyakit” yang bertempat di Auditorium Polkesgo, Senin (28/08/2023).

Faisal, S.K.M., M.Kes (Epid) dalam laporan ketua panitia menyampaikan Pangan yang aman, sehat, dan bergizi sangat diperlukan dalam setiap tahapan siklus hidup, mulai sejak dalam kandungan sampai usia lanjut. Salah satu bahan pangan yang sangat baik untuk tumbuh kembang anak dalam upaya pencegahan stunting adalah protein hewani, namun mudah rusak atau bersifat perishable food. Makanan yang terlihat menarik, nilai gizinya sudah tercukupi, namun jika dalam pengelolaannya terjadi pencemaran baik fisik, biologi ataupun kimia maka makanan yang enak dan nikmat pun menjadi tidak aman bahkan tidak layak dikonsumsi yang dapat berdampak terhadap kejadian keracunan makanan.

Baca Juga :  267 Peserta PKL Polkesgo di Rapid Test

Higiene dan sanitasi pangan memberi manifestasi positif dalam penekanan angka keracunan pangan, sehingga dengan di adakannya seminar Nasional ini dimaksudkan untuk menambah wawasan mahasiswa maupun peserta umum, terkait bagaimana urgensi dan penerapan dari higiene dan sanitasi pangan dalam penekanan keracukan makanan dan berbagai penyakit, serta memaksimalkan manfaat pangan untuk peningkatan kesehatan masyarakat.

Seminar Nasional ini di hadiri oleh peserta via daring dan tamu undangan via luring dari pejabat di lingkungan poltekkes kemenkes gorontalo, Clinical Instruktur Puskesmas Kota Timur, Puskesmas Kota Selatan, Puskesmas Talaga, Puskesmas Tilango, dan Puskesmas Toto Utara dan Mahasiswa jurusan sanitasi lingkungan.

Acara di buka langsung oleh direktur poltekkes kemenkes gorontalo Mohamad anas Anasiru, SKM., M.Kes. dalam sambutnyannya menyampaikan “Higiene dan sanitasi pangan merupakan upaya untuk mengendalikan faktor makanan, orang, tempat dan perlengkapannya yang dapat atau mungkin dapat menimbulkan penyakit atau gangguan kesehatan. maka diharapkan melalui kegiatan seminar nasional ini, kita semua baik sebagai praktisi kesehatan, pendidikan, dan generasi Z khususnya bisa menjadi pioner dalam upaya Penerapan Higiene Sanitasi Pangan untuk Pencegahan dan Pengendalian Penyakit sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan masayarakat”

Baca Juga :  Edu Health Fair 2022 : Transformasi Poltekkes Untuk Indonesia Sehat

Kegiatan ini di laksanakan selama 2 hari pada tanggal 28-29 Agustus 2023 dan disponsori oleh Bank Syariah Indonesia, Tupperware dan acara terakhir di isi dengan persembahan lagu daerah dari paduan suara mahasiswa jurusan sanitasi lingkungan, foto bersama dan pemberian doorprize kepada mahasiswa.

Loading

Bagikan dengan :
Translate »
×

 

Hello!

Klik salah satu kontak dibawah ini untuk mengobrol dengan WhatsApp

× ada yang bisa kami bantu?