Poltekkes Kemenkes Gorontalo  merupakan Unit Pelaksana Teknis Kemenkes RI dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (Badan PPSDM Kesehatan). Pembinaanya secara adminitrasi dilakukan oleh Sekretaris Badan PPSDM Kesehatan dan secara teknis oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan (Pusdiklatnakes). Sampai saat ini Politeknik Kesehatan Kemenkes Gorontalo mengelola 3 Jurusan terdiri dari Keperawatan, Kebidanan, dan  Gizi, dan 5 Program Studi terdiri dari Program D.III Keperawatan, Program D.III Kebidanan, Program D.IV Keperawatan, Program D.IV  Kebidanan  dan D.III Gizi.

Pelaksanaan kegiatan Poltekkes Kemenkes Gorontalo mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 890/MENKES/PER/VIII/2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Kesehatan yang kemudian dirubah dengan Keputusan Menteri Kesehatan RINomor HK.02.03/I.2/06284/2014 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.03.05/I.2/03086/2012 tentang Petunjuk Teknis Organisasi dan Tata Laksana Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan.

Dalam perkembagannya sejak terpisah dari Politeknik Kesehatan Manado,    Politeknik Kesehatan Kemenkes Gorontalo  saat ini memiliki mahasiswa sebanyak 1977 mahasiswa.  Disamping itu pula sejak berdirinya Politeknik tahun 2008 telah menghasilkan lulusan sebanyak 2539 orang dan telah dimanfaatkan oleh Puskesmas dan Rumah Sakit dan Sektor Swasta sebanyak  74,33%.

Adanya tuntutan pangsa pasar akan peningkatan derajat kesehatan masyarakat secara merata di Provinsi Gorontalo, maka di tahun 2016 Politeknik Kesehatan Kemenkes Gorontalo telah mengusulkan pembukaan  Program Studi Baru kepada Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Kesehatan yakni Prodi D.III Farmasi, Prodi DIV Sanitasi,  Prodi DIV Gizi dan Profesi Ners.

Leave a Comment