Politeknik Kesehatan Kemenkes Gorontalo selalu berusaha untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas salah satunya dengan mengadakan “Workshop Inter Professional Education (IPE) / Inter Professional Collaboration (IPC). Acara yang berlangsung pada tanggal 10 – 12 Februari 2020 bertempat di gedung auditorium Poltekkes Kemenkes Gorontalo. Workshop ini dibuka oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Ibu Dr. Dra. Henny Panai, S.Kep, Ns, M.Pd, dengan menghadirkan pemateri ibu Dr. Dwi Tyastuti, MPH., Ph.D.

Workshop/Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang Interprofessional Education (IPE) dan Interprofessional Collaboration (IPC). Penerapan sistem IPE dan IPC dalam dunia pendidikan kesehatan diharapkan mampu meningkatkan kualitas mahasiswa kesehatan dan juga mampu meningkatkan kegiatan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya di lingkungan Poltekkes Kemenkes Gorontalo.

Workshop IPE ini diikuti oleh sejumlah dosen dan pegawai di lingkungan Poltekkes Kemenkes Gorontalo sejumlah 115. Dr. Dwi Tyastuti, MPH., Ph.D mengatakan IPE adalah suatu pelaksanaan pembelajaran yang mencakup dua atau lebih profesi yang berbeda. Setiap lulusan kesehatan harus menguasai kompetensi profesi masing-masing, ditambah dengan kompetensi bersama yaitu kompetensi bekerja sama dan berkolaborasi dalam tim pelayanan kesehatan dengan kata lain menciptakan tenaga kesehatan yang profesional.

Menurut Dr. Dwi Tyastuti MPH., Ph.D kemampuan bekerja sama secara interprofesi tidak muncul begitu saja, melainkan harus ditemukan dan dilatih sejak dini mulai dari tahap perkuliahan agar mahasiswa mempunyai bekal pengetahuan dan pengalaman mengenai cara bekerjasama secara tim yang baik dengan profesi lain sebelum mereka terjun ke dunia kerja. Wokshop dilanjutkan dengan pemaparan materi-materi dari narasumber dan cara mengimplementasikannya

Bagikan dengan :